Senin, 25 Januari 2010

Kenapa Harus Jujur

Saya sering mendengar orang tua menasehati anak supaya harus menjadi orang yang jujur. Dalam mendidik dan memotivasi supaya seorang anak menjadi orang yang jujur, kerap kali dikemukakan bahwa menjadi orang jujur itu sangat baik, akan dipercaya orang, akan disayang orang tua, dan bahkan mungkin sering dikatakan bahwa kalau jujur akan disayang/dikasihi oleh Tuhan. Tapi setelah mencoba merenungkan dan menyelami permasalahan kejujuran ini, saya masih merasa tidak mengerti: "Kenapa jadi orang harus jujur?"

Umumnya jawaban yang saya dapat adalah bahwa kejujuran adalah hal yang sangat baik dan positif, dan kadang saya juga mendapat jawaban bahwa "Pokoknya jadi orang harus jujur!"
Selain pertanyaan - pertanyaan diatas, selanjutnya dalam benak saya timbul pertanyaan: " Bagaimanakah kejujuran itu dapat dipraktekkan dalam sehari-hari.

Sulit sekali orang untuk bersikap jujur, bagaimana orang bisa bersikap jujur kepada orang lain sedang pada dirinya sendiri saja tidak bisa. Kejujuran sudah sangat menjadi langka pada saat ini karena kebanyakan manusia selalu hidup dalam kemunafikan. Sikap jujur dalam setiap kehidupan menjadi bumerang yang siap menyerang karena orang jawa bilang "jujur ajur". Sekarang ini banyak orang jujur tapi malah hidup dalam terali penjara. Tapi adasebuah keyakinan bahwa orang jujur itu akan mujur.

Nabi Muhammad SAW adalah orang yang paling jujur dalam percakapannya. Ungkapannya selalu benar, jujur dan adil. Beliau tidak pernah mengenal dusta dan bohong di dalam kehidupannya, baik beliau dalam keadaan serius ataupun santai. Bahkan beliau mengharamkan bohong dan dusta serta mencela orang yang melakukannya dan melarang melakukan yang demikian. Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya sikap jujur pasti membawa kepada kebajikan. Dan kebajikan akan membawa ke dalam surga.

Allah telah meluruskan dan membetulkan lisannya dan perkataannya. Allah telah memperbaiki penuturannya dan telah menepatkan percakapannya. Beliau adalah orang yang jujur dan dijujurkan, yang mana tidak pernah mengeluarkan ungkapan bohong walaupun hanya satu huruf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar